Siswa Pencaker: Gak Hidup Kalo Ga Ada Motto

"Selami jiwa-jiwa mereka, kemudian ajak mereka kedalam dunia kita". Masih terngiang prinsip "Quantum Teaching" dalam pikranku untuk beberapa menit pertama sessi pelatihan. Memberi inspirasi untuk menyajikan yang terbaik sehingga siswa "enjoy" dan tersugesti "belajar dan berlatih adalah hal yang asyik dan menyenangkan".

Kira-kira satu minggu yang lalu, hari pertama yang istimewa ketika aku masih dipercaya melatih siswa pencari kerja (pencaker) angkatan ketiga ditahun 2009. Tegur sapa dan saling kenal berlanjut dengan berbagi pengalaman dan motto hidup. Walaupun malu-malu dan kaget karena hal ini tidak terduga, sempat juga ter-eksplor beberapa "rahasia" motto mereka."Hidup adalah tantangan, Pak!,...Rasanya ga hidup kalau ga ada tantangannya" Seru salah satu dari mereka. "Wow keren!!", aku menimpali. "ada lagi, pak!. Aku tak ingin jadi benalu!", "Aku ingin ter-motivasi!"..."Aku ingin menambah wawasan". Sambil saling tertawa mereka mengungkapkan dan melihat ekspresi masing-masing.

Tiba-tiba ada yang spontan membikin motto hidup dari cuplikan iklan. "Bikin hidup lebih hidup, Pak!". "Wow, amazing!" masih aku menimpali...disela-sela riangnya kelas...Sessi berbagi motto hidup ku awali dengan motto hidup baru sesuai materi hari ini Gambar Teknik. "Oke, class...motto dahsyat hari ini adalah..."I was born to draw..!!!, Kita telah terlahir untuk menggambar!!.

Materi demi materi, job demi job, diskusi demi diskusi, jalani bersama hingga akhir sessi. Oleh-oleh PR dan rasa penasaran menambah keceriaan kita. Terima kasih para siswa atas motto hidupnya. "Teaching is learning"...dari siswa juga saya banyak belajar.

Comments :

0 komentar to “Siswa Pencaker: Gak Hidup Kalo Ga Ada Motto”

Posting Komentar