Sehat, Bugar dan Raih Persentase Belajar Tertinggi


Materi praktek, adalah materi yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar siswa. Setelah teori, keinginan untuk mempraktekannya dibengkel begitu besar. Internalisasi materi akan semakin bertambah seiring kemajuan-kemajuan yang dicapai dalam praktek. Dalam praktek, pemikiran, perasaan, kemampuan fisik akan bertemu dengan pengalaman untuk mengatasi masalah (problem solving) dan menghasilkan kemajuan yang lebih tinggi lagi.

"Kalau begitu kita harus mempersiapkan segalanya dong, Pak..., sebagai operator tidak cuma butuh ketrampilan berhitung saja, tapi perasaan dan fisik juga" Salah seorang siswa mencoba membuat komentar. "Ya..betul, so...selain intelektual dan spiritual, rajin-rajinlah berolahraga..., hambatan kelelahan fisik seringkali berpengaruh terhadap kemampuan berfikir dan mental". Praktek permesinan memang menuntut kemampuan fisik berlebih. Berdiri berjam-jam untuk menyelesaikan beberapa job sheet dan menghadapi cuaca panas dibengkel apalagi diwilayah Bekasi yang panas akan menguras energi. Terutama untuk pemula yang belum terbiasa.

Beberapa pengalaman siswa yang belum terbiasa mengatakan "Bila malam hari tiba, jika dibandingkan teman-teman dari kejuruan lain, kami dari jurusan mesin tidurnya paling awal..!" Lanjutnya, "Hari-hari pertama materi praktek, badan terasa pegal-pegal, pak!".

Materi praktek memang penuh suka-duka, sehingga sering timbul istilah "mencari keringat", layaknya berolahraga. Efeknya, badan bertambah segar, wajah jadi cerah, tidur nyenyak, makan enak...sehat. Apalagi jika mendapat skor tinggi pada penilaian pengerjaan jobsheet, karena proses dan hasil produk yang presisi. Ada kepuasan lahir-batin. Menambah kepercayaan diri untuk melanjutkan pembuatan produk dengan tingkat kesulitan lebih tinggi.

Melaksanakan materi praktek, mengingatkan pada hasil penelitian Vernon A. Magnesen (1983). Bahwa kita belajar 10% dari apa yang kita baca, 20% dari yang kita dengar, 30% dari yang kita lihat, 50% dari yang kita lihat dan dengar, 70% dari yang kita katakan, 90% dari yang kita katakan dan lakukan. So, gapai persentase belajar tertinggi dan kebugaran tertinggi juga.

Comments :

0 komentar to “Sehat, Bugar dan Raih Persentase Belajar Tertinggi”

Posting Komentar