Harus Dikejar Walau Habis Waktu

Pelatihan Pencari Kerja (Pencaker) dengan standar waktu 320 jam pelatihan, bagi setiap siswa adalah relatif. Artinya lama atau tidaknya waktu yang disediakan dibandingkan dengan target job yang dikerjakan bagi setiap siswa tidak sama pencapaiannya. Terdapat perbedaan kemampuan baik secara skill ataupun knowledge untuk mencapai syarat minimum pengerjaan job yang diperlukan sebelum kelulusan. Beberapa siswa ada yang bisa menyelesaikannya dengan cepat dan lolos standar kontrol kualitas. Sebagian lagi, belum dapat mencapainya.

Disisi lain, output siswa dari sisi kualitas adalah sangat penting. Persaingan dunia kerja dibidang permesinan yang ketat mengharuskan setiap siswa mengantisipasinya dengan bekal kemampuan yang cukup bahkan berlebih. Tidak boleh terjadi pada saat tes kerja dilakukan, alumni tidak bisa menyelesaikannya hanya karena tidak pernah ada pengalaman (experience) pada saat pelatihan. Terutama ketrampilan adalah berbanding lurus dengan pengalaman. Jangan hanya karena waktu pelatihan selesai, ketrampilan hanya digantikan dengan pengetahuan. Sekali lagi, ketrampilan adalah soal pengalaman.

Selesainya waktu pelatihan bukanlah selesainya beban moral instruktur ketika siswa belum mencapai tujuan pelatihan. Persoalannya bukan hanya terletak pada sertifikasi pelatihan semata, atau pada nilai siswa semata. Lebih dari itu, pada diterima atau tidaknya siswa pada saat tes kerja. Bahkan pada kegunaan ketrampilan yang dipergunakannya nanti ditempat kerja. Pelatihan sebenarnya bergerak diantara tujuan pelatihan dengan standar kualitas output siswa.

Siswa yang belum mampu mencapai tujuan pelatihan pada saat pelatihan selesai masih perlu dijaga semangatnya. Terutama pada pengerjaan jobsheet yang belum lengkap atau tercapai. Kesadarannya untuk memperoleh kemampuan adalah lebih penting dari sekedar terselesaikannya secara formal masa pelatihan perlu terus dipertahankan. Mensiasati pelaksanaannya dari sisi managemen waktu dibutuhkan, terutama pada saat peralatan dan permesinan bisa digunakan. Target pengerjaan jobsheet yang belum terselesaikan harus dilakukan oleh para siswa dalam rangka kebutuhan dirinya akan rencana profesinya. Kejar terus target jobsheet, walaupun waktu pelatihan sudah selesai. Bersama instruktur dan siswa kita tingkatkan kualitas dan kualifikasi tenaga kerja logam mesin di Indonesia. Kejar terus!

Comments :

1
8207h32 mengatakan...
on 

Ya.. kejar terusss!!

Posting Komentar